Tips Merawat Mesin Genset Diesel

Tips Merawat Mesin Genset Diesel

Mesin genset jika tidak sering dipakai dan dirawat dapat menyebabkan kerusakan sehingga mesin tersebut tidak dapat dipakai. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk merawatnya dengan baik agar mesin dapat bekerja dengan baik dan awet tahan lama.

Tips Merawat Mesin Genset

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat mesin genset:

Genset diletakkan dan di simpan pada tempat yang kering.

Hal ini bertujuan untuk menjaga agar genset awet dan tahan lama. Apabila genset diletakkan di tempat yang kurang tepat dapat menyebabkan kerusakan pada genset karena dapat menyebabkan listrik konslet. Oleh karena itu, Anda diusahakan agar genset tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.

Menjaga kebersihan genset

Anda dianjurkan untuk rajin membersihkan genset Anda agar radiator pada genset terhindar dari debu, kotoran, minyak, air dan lain – lain. Tujuannya adalah agar menjaga genset sehingga awet dan tahan lama.

Genset dioperasikan dengan baik dan benar

Anda dianjurkan untuk membaca petunjuk sebelum mengoperasikan genset sehingga meminimalisir kesalahan  dan kerusakan akibat human eror.

Mengganti sparepart dengan rutin

Anda dapat mengganti sparepart di distributor genset yang toko genset manado dan menyajikan beragam sparepart yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, sebelum membeli salah satu jenis genset, Anda juga disarankan untuk menanyakan ada tidaknya sparepart genset tersebut.

Mengecek sirkulasi udara pada frame genset

Anda harus memastikan sirkulasi udara di ruangan baik terutama untuk genset yang digunakan di dalam ruangan. Hal ini bertujuan agar gas buang dapat mudah dibuang sehingga orang nyaman berada di dalam ruangan.

Mengecek bahan bakar

Sebelum Anda mengoperasikan genset Anda dianjurkan untuk mengecek bahan bakar agar menghindari kehabisan bahan bakar saat digunakan dan jangan sampai bahan bakar melebihi kapasitasnya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar mencegah kerusakan pada mesin genset.

Mengganti oli mesin genset dengan rutin

Anda dianjurkan untuk mengganti oli saat oli berwarna hitam, keruh dan volumenya sudah berada di bawah standar.

Merawat mesin genset tidak boleh diabaikan karena dengan Anda merawatnya dengan baik maka genset akan bekerja secara optimal dan mencegah timbulnya masalah saat dioperasikan.