Roxy Mas Pindah Ke Senayan Bagian 2

Benar, coba saja Anda rasakan, hampir semua membariskan pasukan cantik bin sexy yang harus menggoda publik untuk membeli, daripada menugaskan orang biasa yang paham benar produk (hardware, software, dan layanan). Belum lagi pelaksanaannya yang lalu berbarengan dengan Jakarta Fair, ajang pasar malam dan perdagangan digelar sebulan penuh. Maka pelaku industri berkantung tipis memilih gelaran sebulan dan bisa menakar untung ketimbang buang kocek selama lima hari tapi belum tentu balik modal.

Kecuali jika ICS dianggap sebagai sebuah standar eksistensi brand atau merk. Sudah lama saya cetuskan, ICS harus direformulasi. Konten musti dikedepankan dan membedakan dengan Jakarta Fair (yang murni dagang), bahkan pula FKI yang merupakan induk pamerannya (Saya sebut begitu, karena ICS bagi saya hanya menempel ke FKI saja). ATSI juga harus berpikir kembali ke awal bahwa industri ini ada ekosistem. Dan, ekosistem harus terlibat secara se-level. Bukan semata mempertemukan konsumen dan industri dalam traktat jual-beli seperti halnya Pekan Raya Jakarta alias Jakarta Fair.

Lagi pula, jika ATSI tanggap, industri telekomunikasi dari hulu hingga hilir sebenarnya telah mengalami transformasi. Keter libatan pemerintah misalnya tidak hanya Kementerian Kominfo saja. Jangan lupa, pada proses tersebut juga diiringi dengan berbagai permasalahan yang banyak pula tidak terselesaikan. Jika ATSI tak punya usulan atau bahkan kreativitas untuk mereformulasi, saya yakin ICS semakin susah berubah, semakin tak meriah, semakin menjadi Roxy Mas pindah ke Senayan. Sebagai media pencermat dan kritis kami siap menulangpunggungi reformulasi tersebut. Kita tentu ingin agar masyarakat konsumen puas tidak hanya dalam perasaan usai membeli barang miring harga. Tetapi juga kian pandai dan teredukasi. Malah saya dengar yang lebih puas ketika beli produk supermurah adalah pedagangpedagang yang mengantre. Yang –katanya- bakal dapat margin lebih ketika jualan lagi. Di booth SINYAL, kami datang dengan konsep sebuah EXPERIENCE ZONE. Tempat untuk menikmati beberapa teknologi terbaru. Bukan dagang tapi menikmati teknologi. Itu misi kami demi mencerahkan Anda semua.