Dodol untuk Camilan di Menu Catering Nasi Box Jakarta

Dodol untuk Camilan di Menu Catering Nasi Box Jakarta – Makin sedikit orang yang berminat berjualan dodol karena pembuatannya yang lama dan makan waktu. Sebetulnya ada mesin pembuatan dodol yang bisa membuat proses pengolahan dodol jadi lebih praktis. Mesin pemasak dan pencetak dodol ini cukup canggih. Dalam satu kali olah mampu memproduksi hingga 50 liter adonan dodol. Kecepatan proses produksi tergantung pada suhu yang digunakan. “Semakin panas, dodol semakin cepat matang.

Suhu panas pun tidak akan mempengaruhi rasa ” tutur Subhan, staff marketing Aneka Mesin, toko yang memproduksi mesin ini. Karena mesin dijalankan dengan tenaga listrik, tentu tidak dibutuhkan tenaga kerja dalam proses pengadukan. Hanya butuh satu tenaga untuk mengoperasikan mesin dan tentu daya listrik sebesar 1.500 watt. Mesin terdiri atas kontrol suhu, tabung pemasak, pengaduk, dan kompor pemanas. Cara mengoperasikan mesin ini cukup mudah.

Langkah awalnya adalah menuang adonan dodol ke dalam tabung pemasak. Selanjutnya tentu kita harus mengontrol suhu yang digunakan pengaduk akan berputar sesuai dengan suhu yang digunakan. Setelah dodol matang, matikan pengatur suhu kemudian keluarkan dodol. Cara mengeluarkan dodol cukup mudah, cukup dengan memutar pengait yang ada di dekat tabung pemasak. Tahap akhirnya dodol dicetak. “Semua bagian mesin terbuat dari bahan stainless sehingga tahan lama dan aman untuk mengolah makanan, “ jelas Subhan.

Untuk mempermudah proses pencetakan, toko ini juga menyediakan mesin pencetak dodol. Cukup menuang adonan dodol ke dalam loyang berbentuk persegi panjang yang sudah dilapisi dengan plastik. Satu loyang berukuran 30 x 40 sentimeter, bisa menampung 5 liter adonan “ Tingkat ketebalannya bisa diatur,” jelasnya. Setelah dipress, plastik dilepas lalu dodol dipotong. Untuk memotongnya ada pemotong berbentuk besi dengan panjang 60 sentimeter dan setiap 3 sentimeter ada pisau pemotong berbentuk bulat.

PENGOPERASIAN MESIN

Untuk membersikan mesin pemasak dodol ini cukup mudah. Gunakan saja kain basah, tanpa perlu melepas rangkaian mesin. Mesin pemasak dodol yang bisa digunakan 10 tahun ini ditawarkan dalam 2 ukuran, 25 liter dan 50 liter. Untuk mesin berukuran 25 liter ditawarkan dengan harga Rp 14.500.000, sedangkan untuk ukuran 50 liter dihargai Rp. 26 juta. Mesin pencetak dodol ditawarkan Rp. 5 juta per unitnya. “ Harga belum termasuk ongkos kirim,” tutur Subhan. Nah, alat ini pasti berguna bagi Anda yang kepingin membuka usaha pembuatan camilan tradisional ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Bisnis. Tandai permalink.